4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Betah dan Bisa Lulus on Time

4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Betah dan Bisa Lulus on Time

4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Betah dan Bisa Lulus on Time
Tips memilihjurusan kuliah sangatlah penting untuk siswa SMA yang akan atau baru lulus dan ingin kuliah. Karena, memilih jurusan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Meski lolos seleksi masuk perguruan tinggi favorit dan bonafid, bisa saja Anda merasa salah pilih jurusan. Oleh karena itu, simak tips berikut yang bisa membuat Anda betah dan lulus on time.
1. Menyesuaikan dengan Potensi
Tips yang pertama ini erat kaitannya dengan kemampuan atau bakat. Potensi, kemampuan, maupun bakat sejatinya bukanlah sesuatu yang dimiliki karena faktor keturunan. Ketiganya memerlukan latihan dan kerja keras. Orang yang cenderung malas tentu saja akan kesulitan untuk mengetahui potensi yang dimilikinya.
Dengan mengetahui potensi, misalnya Anda memiliki keahlian menulis, maka jurusan bahasa maupun sastra cocok untuk Anda jadikan pilihan utama. Sedangkan bagi yang jago berhitung dan menyukai hal-hal berbau ilmiah, berbagai jurusan dalam Fakultas MIPA maupun Teknik bisa Anda pilih. Jurusan yang sesuai dengan potensi tentu membuat Anda betah kuliah.
2. Memiliki Motivasi Belajar
Tidak sedikit lulusan SMA yang merasa seperti burung yang bebas dari sangkar setelah dinyatakan lulus. Mereka enggan untuk melanjutkan kuliah maupun hal lainnya yang berhubungan dengan belajar.
Jadi, jika Anda tidak memiliki motivasi belajar seperti itu, nilai IP maupun IPK bisa jadi sangat rendah. Tambahan lagi, jurusan apapun yang Anda pilih saat kuliah karena paksaan orang tua, membuat Anda tidak betah dan sulit untuk bisa lulus on time.
3. Konsultasi ke Pakarnya
Tips terakhir ini bisa Anda peroleh dari konsultasi dan diskusi dengan guru BK (Bimbingan Konseling), orang tua, serta senior yang telah kuliah dan Anda tertarik untuk kuliah di kampusnya. Biasanya, senior akan mengadakan seminar umum di SMA almamaternya.
Nah, mereka akan menjelaskan tentang seluk beluk perguruan tinggi tempat mereka kuliah. Anda pun bisa bertanya banyak hal pada mereka, termasuk kemungkinan jurusan yang bisa Anda pilih sesuai dengan jurusan di SMA (IPA atau IPS). Begitupula dengan prospek masa depan untuk jurusan yang tertarik untuk Anda pilih.
4. Estimasi Biaya dan Beasiswa
Untuk jurusan tertentu seperti kedokteran dan manajemen bisnis biasanya membutuhkan biaya lebih tinggi daripada jurusan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda maupun orang tua.
Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan untuk bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu sambil melakukan pekerjaan sampingan. Tentu jika Anda belum ditakdirkan untuk meraih beasiswa Bidikmisi, LPDP, maupun beasiswa lainnya yang menyanggupi utuk membayar biaya kulaih Anda full sampai lulus.

Selain keempat tips tersebut, tips memilih jurusan kuliah lainnya adalah visi dan misi atau yang saat ini lebih populer dengan sebuat passion. Selidiki segala hal yang menjadi minat Anda. Dengan begitu, jurusan apapun yang Anda pilih, baik sains, sosial, seni, manajemen, dan lainnya bisa membuat Anda betah dan semangat belajar hingga lulus on time.