Jenis-Jenis Mukena Berdasarkan Bahannya

Saat ini mukena katun paling dicari karena memang bahannya nyaman, menyerap keringat dan pastinya mudah dicuci. Katun sendiri dibuat dengan berbagai macam motif, ada yang polos saja, ada yang motif polkadot, hingga ada yang menggunakan bordiran. Kalau bodiran, biasanya harga mukena lebih tinggi karena proses bordir memakan waktu dan itu cukup rumit. Selain itu, kalau ada bordirannya, anda mungkin susah saat mengeringkan di area bordir.

Apabila membeli mukena ada baiknya jika anda tahu karakter masing-masing kain, sehingga anda dapat memilih mana yang tepat. Dengan mengetahuinya, anda pun tahu bagaimana tindakan yang diambil untuk membuat mukena awet tahan lama. Nah, bagi anda yang masih pusing dengan bahan-bahan mukena, sebaiknya simak ulasan di bawah ini!

Mukena Katun Rayon

Jenis yang pertama adalah mukena katun rayon. Jenis ini yang paling populer diantara lainnya. Katun rayon ini populer dengan sebutan mukena bali. Tidak hanya polos, tapi terdiri dari motif-motif yang khas yakni bunga-bunga dan bahannya jatuh, adem, tapi mudah kusut. Jenis mukena ini paling diminati karena ringan dan enak dibawa kemana-mana. Jadi, bisa anda pakai di rumah maupun saat keluar rumah. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan tas yang memudahkan anda membawanya.

 Mukena Katun Rayon

Mukena Katun Silk

Selanjutnya adalah mukena katun silk yang biasa disebut dengan katun sutra. Disebut demikian karena berasal dari kombinasi kain sutra dengan kain katun. Karakter kainnya cenderung tebal, lentur, lembut dan kuat. Sehingga bisa tahan lama walaupun penggunaannya dalam waktu lama. Karena bahan perpaduannya kain sutra, maka tak heran mukena jenis ini kelihatan elegan bagi penggunanya. Cocok digunakan saat menunaikan sholat ied. Apalagi bagi anda yang mempunyai jabatan di kantor anda, mengenakan mukena katun silk membuat anda tampil menawan dan menunjukkan wibawa.

Mukena Katun Jepang

Kain katun memang terdiri dari berbagai jenis, selanjutnya ada katun jepang yang karakternya mudah menyerap keringat, kuat, lembut dan mempunyai banyak motif dan corak. Warnanya cukup manis, adem, pokoknya sangat nyaman digunakan. Cocok untuk penggunaan harian. Mudah sekali merawat kain katun jepang, kain ini tidak begitu mudah kusut. Jadi, anda hanya sesekali menyetrikanya. Setelah digunakan ada baiknya digantung saja.

Mukena Katun Paris

Bahan katun paris hampir sama dengan katun jepang. Perbedaannya hanyalah tingkat ketebalannya,  katun jepang lebih tebal daripada katun paris. Menurut penjahit, katun paris juga lebih mudah dibentuk dan bahan ini juga nyaman untuk mukena. Katun paris sangat adem, membuat anda takkan merasa kepanasan ketika melakukan sholat tarawih.

Panduan Membeli Mukena

Setelah memutuskan memilih jenis-jenis mukena, selanjutnya anda perlu mengetahui  panduan membeli mukena agar tidak salah pilih nantinya. Sebab, jika salah pilih anda bisa tidak nyaman ketika dan akhirnya mengganggu sholat. Berikut ini panduan memilih mukena yang tepat :

Beli di toko terpercaya

Langkah pertama adalah anda harus memilih toko terpercaya ketika ingin membeli mukana. Pastikan toko tersebut mempunyai stok mukena bermerek dan mempunyai kualitas tinggi. Sekarang, tak perlu bingung mencari toko tersebut karena ada toko offline dan toko online. Di toko offline mungkin anda sulit mencari produk mana yang terbaik. Tapi, jika di toko online anda bisa leluasa memilih dan tidak perlu banyak tanya kepada penjual. Sebab, sebagian informasi sudah tersedia di deskripsi.

Pilih Merek

Setelah anda mendapatkan toko terpercaya, selanjutnya pilih merek mukena yang bagus. Di Indonesia sudah ada merek berkualitas yakni Tatuis, Paper CutMuslim, MAE Indonesia dan beberapa lainnya. Harganya pun bervariasi tergantung kualitas, ukuran, bahan serta modelnya.

Ketahui Macam-Macam Model

Sebelum membeli, anda perlu memastikan dulu model mukena yang tepat untuk anda. Apakah model potongan yang terdiri dari atasan dan bawahan atau model terusan atau satunya lagi model potongan dengan bagian atasan tanpa penutup kepala. Jika anda berhijab dan mukena tersebut untuk bepergian, maka pilih yang potongan dengan atasan tanpa penutup kepala. Sehingga, anda tidak perlu berulang kali membenahi hijab lagi. setelah itu, perhatikan pula tentang ukuran, jangan sampai kecingkrangan atau kegedean.

Jika sudah menentukan mana yang terbaik, bandingkanlah harga dan pilih mana harga termurah.